Siap-Siap!!!Tes CPNS 2013 dengan Sistem CAT

Tes Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional akan digelar pada Agustus 2013.

4a7dbb751f822b720b5e7cf875cacb14_cpns-2013Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Abu Bakar di Makassar, mengatakan, moratorium penerimaan CPNS reguler telah dicabut, namun jumlahnya terbatas. Jumlah PNS yang memasuki masa pensiun tahun ini mencapai sekitar 110 ribu dan yang akan diterima sekitar 60 ribu CPNS. Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), masih menunggu usulan kebutuhan CNPS dari daerah sehingga setiap daerah harus mengusulkan berapa jumlah kebutuhannya.

Dari jumlah formasi CPNS 2013 tersebut, jurusan atau bidang yang menjadi prioritas lowongan adalah untuk formasi tenaga guru, tenaga kesehatan dan penyuluh. Sedangkan untuk tenaga administrasi jumlah lowongan dikurangi karena adanya kebijakan zero growth. Namun meskipun secara nasional kebijakannya zero growth, namun secara instansional akan ditempuh dengan tiga pola, yakni minus growth, zero growth, dan growth.

Minus growth diterapkan bagi instansi yang berdasarkan hasil analisa beban kerja (ABK) jumlah pegawainya sudah kelebihan, anggaran belanja pegawai lebh dari 50 persen APBD (untuk kabupaten/kota), dan bagi provinsi yang rasio belanja pegawainya lebih dari 30 persen APBD. Sedangkan zero growth, diterapkan untuk instansi yang jumlah pegawainya cukup, rasio anggaran belanja pegawai antara 40 – 50 persen dari APBD (kab/kota), dan 25 – 30 persen (provinsi).

Mulai tahun 2013 ini penerimaan CPNS khususnya dari jalur pelamar umum akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dengan demikian, masing-masing peserta akan mendapatkan soal berbeda-beda. “Kita akan mengadakan tes CPNS selama empat bulan. Jadi tiap hari ada yang mengikuti tes sesuai formasi yang disediakan pemerintah,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo di Jakarta, Selasa (14/5).

Melalui sistem CAT, lanjutnya, peserta bisa melihat langsung lulus atau tidak. Sistem tes seperti ini juga tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta. “Meski tesnya tidak serentak, tapi setiap soal dijamin berbeda antarpeserta. Apalagi kita sudah punya bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal,” ujarnya. Penerapan sistem CAT, merupakan salah satu target sembilan percepatan reformasi birokrasi untuk bidang SDM aparatur.

Apa Itu Computer Assisted Test (CAT)?

Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian. Manfaat penggunaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Pengetahuan Umum, Tes Kepegawaian, dan Tes Skala Kematangan. Disamping itu setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh aplikasi CAT. Sehingga kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar Jawaban Komputer (LJK). Begitu juga dengan penilaian yang dilakukan secara obyektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT. Dengan demikian Peserta ujian dapat memantau sisa waktu yang tersedia melalui layar monitor setiap saat selama ujian berlangsung. (sumber: http://www.bkn.go.id)

Skema Sistem Ujian Computer Assisted Test (CAT)

Skema Penerimaan CPNS dengan CAT

Dengan metode baru Ujian CAT CPNS ini Pemerintah berencana mengubah skema penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jika sebelumnya penerimaan CPNS hanya dibuka satu tahun sekali, kini ujian penerimaan lowongan CPNS itu disinyalir bisa ada setiap hari tergantung kebutuhan instansi.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil Itu Tidak Mudah?

Benar…persaingannya memang ketat, bayangkan Lowongan CPNS yang hanya diperuntukan oleh puluhan orang tetapi di lamar oleh ratusan bahkan ribuan orang . Tetapi tahukan anda bahwa ternyata kesempatan untuk jadi PNS justru tetap besar. Kenapa demikian? karena kenyataannya banyak orang yang mendaftar menjadi CPNS tidak dibekali persiapan yang matang.

Nah….muncul pertanyaan ini..

Sudahkah kita menyiapkan diri untuk mengikuti ujian Tes Penerimaan CPNS?

Sedikit Tips dari penulis untuk mempersiapkan diri sebelum tes Penerimaan CPNS *termasuk untuk diri sendiri ;-)))

1. Anda harus benar-benar memaksimalkan waktu serta pikiran anda, dalam setiap mempelajari berbagai soal-soal yang nantinya akan muncul dalam tes.

2. Banyak Berdo’a dan melakukan amal ibadah serta memaksimalkan kesehatan disaat akan menghadapi ujian tes CPNS 2013 yang nanti.

untuk tips No. 1 -> Kami menawarkan software aplikasi GoCPNS versi 2.1 yang dibuat oleh team KarirBagus dot com.

Jargon

Software aplikasi GoCPNS versi 2.1 merupakan revolusi cara belajar menghadapi ujian CPNS yang hampir pasti akan berlangsung setiap tahun. Untuk para Alumnus STIE EKUITAS Bandung (khusunya) dan Teman-teman yang akan mengikuti tes CPNS 2013 (umumnya) yang benar-benar ingin lulus tes CPNS, kami rekomendasikan Software aplikasi GoCPNS versi 2.1. Baca Selanjutnya tentang Aplikasi GoCPNS versi 2.1….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s